FJP2 bersama Jawara Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Etika Sebagai Kontrol Sosial

oleh

BANDUNG,LENSASRIWIJAYA.COM – Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi, baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang berbeda.

Peran pers sangat besar dalam realitas kehidupan, diantaranya adalah memberikan informasi sampai kepada masyarakat, baik tingkat atas, menengah, maupun tingkat bawah. Hal ini dikarenakan keberadaan pers di Indonesia sangat sangat terbuka dan dapat diterima masyarakat secara luas.

Kegiatan jurnalistik tidak hanya sekedar menulis, namun juga harus paham dan patuh pada kode etik jurnalistik.

Aktifitas jurnalistik sebagian besar memberitakan kepentingan suatu kejadian yang sedang terjadi atau berita yang sedang hangat (trend) dibicarakan masyarakat. Semua kegiatan jurnalistik diatur dalam Kode Etik Jurnalistik, agar kegiatan jurnalisme dapat berjalan secara profesional.

Oleh karena itu, Forum Jurnalis Peduli Publik (FJP2) Jawa Barat dan Jawara menginisiasi para jurnalis dan yang berkecimpung didalamnya mengikuti, “Pelatihan Jurnalistik dan Etika dalam Menjalankan Tugas Sebagai Kontrol Sosial”, di Karamba Cafe, jalan Sultan Tirtayasa, Bandung, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Melalui pelatihan atau workshop jurnalistik ini, peserta akan mampu mengemas naskah-naskah di media internal mereka menjadi jauh lebih menarik, baik itu naskah berita, artikel, feature, ataupun tulisan laporan. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan jurnalis untuk memverifikasi informasi baik itu berita, foto maupun video.

Peserta yang hadir mengikuti pelatihan tersebut sebanyak 50 orang yang berasal dari reporter, wartawan, penulis, fotografer, staf redaksi dan semua orang yang berkecimpung di bidang jurnalistik dengan narasumber yang berasal dari kalangan jurnalis.

(Ril)

One thought on “FJP2 bersama Jawara Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Etika Sebagai Kontrol Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *