Dukung Target 90 persen ODF, Pemerintah Kecamatan Sanga Desa Lakukan Sosialisasi Serta Pemusnahan “Bong”

oleh

MUBA,LENSASRIWIJAYA.COM – Camat Sanga Desa Hendrik SH MSI bersama UPTD Puskesmas Ngulak, Lurah Ngulak dan Polsek Sanga Desa melakukan sosialisasi sekaligus pemusnahan “bong” milik masyarakat Kelurahan Ngulak yang berada disepanjang tepian sungai Musi, dalam rangka mendukung target pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin bebas buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) pada tahun 2021

Kegiatan tersebut dilakukan pada hari, Kamis (3/9/2020) di wilayah RT 04 Kelurahan Ngulak Kecamatan Sanga Desa.

Camat Kecamatan Sanga Desa Hendrik SH MSi mengatakan bahwa pihaknya bersama Kades dan Lurah Se-Kecamatan Sanga Desa sudah melaksanakan rapat sebanyak dua kali terkait gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan.

“ Saya sudah menginstruksikan kepada para Lurah dan Kades dalam wilayah Kecamatan Sanga Desa untuk mensosialisasikan secara persuasif dan humanis kepada masyarakat terkait larangan BAB Sembarangan di aliran Sungai. Alhamdulillah hal tersebut mendapat sambutan dan dukungan yang baik dari masyarakat yang ada di Kelurahan Ngulak, sehingga mereka secara sukarela merelakan Bong milik mereka untuk dibongkar atau dimusnahkan,” ungkap Camat.

 

Lebih lanjut dia pun memberikan apresiasi kepada Pemerintah kelurahan Ngulak yang sudah berhasil dalam mensosialisasikan Gerakan Stop BAB Sembarangan kepada masyarakat.

“ Mudah-mudahan hal ini juga bisa diikuti oleh Desa dan Kelurahan lain yang ada di wilayah Kecamatan Sanga Desa. Harapan saya kedepan masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), salahsatunya dengan tidak BAB Sembarangan terutama di aliran sungai,” jelasnya.

Ditempat yang sama Lurah Kelurahan Ngulak Zulham SIP mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kelurahan Ngulak yang sudah mendukung gerakan Stop BAB Sembarangan.

“Insyaallah nanti Bong yang dibongkar tersebut akan diganti dengan WC Umum yang akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas PU Perkim. Kelurahan Ngulak sendiri akan mendapatkan sebanyak 21 WC Umum yang nantinya akan dibangun dalam waktu dekat,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Rawat Inap Ngulak dr Bayu Murdalin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah dan Masyarakat Kelurahan Ngulak yang sudah mendukung program PHBS yang dicanangkan oleh Dinas Kesehatan.

“ Program ini sebenarnya juga sudah lama kita canangkan, namun baru hari ini bisa terealisasi berkat kerjasama lintas sektor. Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada bapak Camat Sanga Desa dan bapak Lurah Kelurahan Ngulak. Mudah-mudahan PHBS ini benar-benar bisa diterapkan oleh masyarakat,” tutupnya.(Riyan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + ten =